Sejarah Wushu Indonesia - Wushu adalah salah satu komponen penting di dalam warisan kebudayaan Tionghoa yang telah mempunyai sejarah ribuan tahun. Wushu ataupun yang seringkali juga disebut Kungfu adalah seni beladiri yang berasal dari Tiongkok kuno, kemudian tersebar ke seluruh penjuru dunia melalui seorang Tionghoa bernama Hua Ren yang pergi merantau.

Sejarah munculnya Wushu sendiri sudah tidak bisa ditelusuri lagi, sebab usianya yang sudah mencapai ribuan tahun. Hal ini sama tuanya dengan sejarah Tiongkok yang sering banyak terjadi peperangan. Saat seni tersebut digunakan untuk berperang dan mempertahankan diri sudah dikenal, dan dalam bentuk yang masih sederhana. Oleh karena itu, mungkin dari sinilah asal muasal seni beladiri yang disebut Wushu itu mucul.

Kata Wushu berasal dari dua kata yaitu “Wu” dan “Shu”. Arti dari kata “Wu” merupakan ilmu perang, sedangkan arti kata “Shu” merupakan seni. Sehingga Wushu bisa juga diartikan sebagai seni untuk berperang maupun seni beladiri (Martial Art). Dalam olahraga wushu, kita juga mempelajari olahraga, beladiri,  seni, kesehatan, dan mental.

Mempelajari Wushu tidak hanya terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan gerakan fisik dan kekerasan saja, akan tetapi juga melibatkan pikiran. Dalam mempelajari Wushu berarti kita juga belajar untuk mengolah pernafasan, dan memahami anatomi tubuh kita, kemudian juga mempelajari ramuan maupun obat-obatan untuk memperkuat daya tahan tubuh untuk pengobatan.

Selain itu, berlatih Wushu juga akan melatih kita untuk lebih cerdas, disiplin, waspada, percaya diri, persaudaraan, berjiwa kesatria, dan lain sebagainya. Nah, itulah Sejarah Wushu Indonesia yang dapat penulis uraikan secara ringkas. Semoga bermanfaat buat pembaca semua!
Share To: