Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok 

Postingan kali ini penulis akan membagikan sedikit ringkasan tentang Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok. Nah sebagai permulaan Lompat jauh merupakan salah satu cabang atletik. mTujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya dengan cara berlari secepat cepatnya sebagai awalan kemudian menolak, melayang di udara, dan mendarat.


Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok

Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok  - Dalam lompat jauh gaya dibagi menjadi 3 macam gaya, yaitu gaya jongkok, gaya berjalan, dan gaya menggantung. Akan tetapi prinsip dasar dari ketiga gaya tersebut tetap sama. Loncat jauh dapat dibagi kedalam ancang – ancang, lepas tapak, melayang, dan mendarat. Pada semua teknik lonpat jauh ancang – ancang merupakan lari dengan percepatan dari start. Ancang – ancang kira – kira sejauh 30m – 45m. Frekuensi serta panjang langkah ancang – ancang makin meningkat sampai persiapan lepas tapak. 

Selama 3 – 5 langkah terakhir peloncat mempersiapkan diri untuk mengalihkan ancang – ancang (kecepatan horizontal) kepada lepas tapak (kecepatan vertical). Pada saat itu sebaiknya kecepatan jangan dikurangi, satu langkah sebelum terakhir, kira – kira 10cm – 15cm lebih panjang dari langkah sebelumnya dan terakhir. Karena itu titik berat badan agak terbawa kebawah, dan sodokan tenaga vertical diperbesar.

 Gaya Lompat Jauh

  • Gaya Langkah / Jongkok (Float Style )
Merupakan gaya lompat yang dianjurkan diberikan pada pemula      termasuk siswa disekolah.
  • -Gaya Menggantung ( Hang Style )
Karena anggota tubuh bagian bawah menggantung dibawah badan.            Kedua lutut membentuk sudut siku – siku dan kedua lengan berada          di atas kepala sehingga posisi tersebut sedang menggantung.
  • -Gaya Jalan Diudara ( Walking In The Air )
Merupakan gaya yang sekarang paling populer dari pada kedua       gaya sebelumnya. Gaya ini lebih menjanjikan tinggal landas      yang efisien dan kesempatan mempersiapkan pendapatan     yang    lebih awal.

Nah, itulah sedikit ringkasan tentang Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok yang dapat penulis uraikan, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Share To: