Atletik Lompat Tinggi Gaya Straddle

Atletik Lompat Tinggi Gaya Straddle - Sama seperti lompat jauh, di dalam cabang atletik lompat tinggi dikenal juga beberapa gaya yang didasarkan pada gaya sang atlit saat ia bergerak melayang di udara. Dalam lompat tinggi dikenal ada beberapa gaya yang sering dipakai oleh atlet lompat tinggi. Nah, pada kesempatan ini penulis hanya akan membahas sedikit tentang gaya lompat tinggi dengan memakai gaya Straddle.

Apa Itu Atletik Lompat Tinggi Gaya Straddle 

Gata Straddle merupakan sebuah gaya yang dimulai dengan cara menikung dengan cepat. Tujuan awalan pada gaya ini adalah untuk mempersiapkan tolakan, mempersiapkan sudut lepas landas serta menciptakan arah horizontal yang kemudian akan diubah menjadi kecepatan bertikal atau ke atas. Pada proses tolakannya, gaya ini menekankan pada penggunaan 1 kaki yang paling kuat. Adapun tujuan tolakan pada gaya ini adalah untuk memperoleh saat tepat memutar untuk bisa melewati mistar, untuk merubah gerak datar atau horizontal menjadi arah atas atau vertical. 

Sementara itu, sikap badan dengan gaya ini cenderung terlentang dengan kedua kaki yang menggantung dan dibuat lemas. Saat mendarat, atlit akan mengusahakan agar yang pertama kali jatuh adalah sisi bahu dan juga punggung. Apabila pendaratannya di atas pasir maka yang tiba terlebih dahulu adalah kaki yang selanjutnya berguling ke arah depan kemudian menumpu pada bagian pundah bahu bagian kanan. Nah, itulah uraian singkat tentang Atletik Lompat Tinggi Gaya Straddle yang dapat penulis berikan kepada pembaca. Semoga bermanfaat.

Share To: