Teknik Dasar Gerakan Renang Gaya Punggung

Teknik Dasar Gerakan Renang Gaya Punggung - Berenang dapat di definisikan sebagai suatu gerakan sewaktu bergerak di dalam air. Berenang biasanya dilakukan tanpa menggunakan perlengkapan buatan. Aktifitas ini bisa dimanfaatkan untuk rekreasi dan berolahraga. Berenang digunakan sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air misalnya mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air. Nah, pada postingan kali ini penulis akan membahas sedikit informasi tentang Teknik Dasar Gerakan Renang Gaya Punggung kepada pembaca. Gaya punggung adalah gaya dalam renang yang paling mudah untuk dilakukan karena posisi tubuh dalam keadaan terlentang. Renang gaya punggung memberikan keindahan dan kemudahan saat melakukan pernafasan karena posisi kepala yang menghadap ke udara.

Hal Yang Menyangkut Dengan Teknik Dasar Gerakan Renang Gaya Punggung 

Berikut ini penulis uraikan hal - hal yang harus diperhatikan dalam melakukan teknik dasar gerakan renang gaya punggung yang wajib diketahui oleh perenang pemula maupun perenang yang sudah profesional. Adapun hal-hal yang harus di perhatikan dalam melakukan teknik ini adalah sebagai berikut :

1.Posisi Tubuh

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Posisi tubuh atau body position pada renang gaya punggung harus dilakukan dengan benar. Posisi tubuh yang benar adalah dalam keadaan horizontal dengan bidang tahanan air. Posisi tersebut dapat memperkecil tahanan tubuh terhadap air.

2.Gerakan Kaki

Kedua, Gerakan kaki dalam melakukan renang gaya punggung berfungsi sebagai mempertahankan ataupun memelihara keseimbangan posisi tubuh dan menjaga keseimbangan gerak lengan perenang. Hal itu juga, gerakan persendian kaki yang elastis dapat digunakan sebagai dorongan kaki.

3.Gerakan Lengan

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah gerakan lengan dan kaki yang benar serta dilakukan secara berkesinambungan bisa menjaga keseimbangan tubuh seorang perenang. Gerakan lengan renang gaya punggung bisa dibagi menjadi beberapa fase,yaitu fase entry dan fase pull-push.
a.Entry
Fase entry merupakan gerak akhir putaran lengan dari sendi bahu. Posisi tubuh saat entry yang baik ialah posisi lengan segaris dengan bahu dan panggul agak diangkat kepermukaan air.
b.pull-push
Fase pull-push dimulai dari posisi lengan lurus, kemudian tekuk telapak tangan ke atas sambil melakukan gerakan menekan. Sesudah gerak menekan air, gerakan berubah menjadi gerak mendorong (push). Pada saat gerakan mendorong, posisi siku tepat berada dekat pinggang.

4.Teknik Bernafas

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah cara melakukan pernafasan pada renang gaya punggung bagi perenang yaitu dengan menghirup udara dan meniupkan udara saat gerakan pull-push dilakukan. Pada saat menghirup udara dilakukan melalui mulut dan membuang udara dari mulut dan hidung dengan perlahan - lahan. 

Nah, itulah ringkasan singkat tentang Teknik Dasar Gerakan Renang Gaya Punggung yang dapat penulis uraikan. Bagaiman mudah bukan melakukan gerakan renang gaya punggung?. Selamat Berenang!! 
Share To: