Lari Estafet Termasuk Jari Jarak Pendek 

Lari sambung atau lari estafet merupakan salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Lari estafet ini termasuk kedalam salah satu jenis lari jarak pendek. Hal ini dikarenakan jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh bagi seorang pelari sehingga lari estafet ini dikatagorikan kedalam jenis lari jarak pendek. Di dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yakni pelari pertama, kedua, ketiga, dan pelari keempat. 

Dalam nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lainnya, yakni memindahkan tongkat estafet sambil berlari cepat dari satu pelari kepda pelari berikutnya atau pelari lainnya. Nomor lari estafet (lari sambung) yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Pada saat melakukan lari sambung seorang pelari ti tuntut bukan hanya menguasai tekniknya saja, tetapi seorang pelari juga dituntut untuk mengerti dan memahami teknik pemberian dan penerimaan tongkat di zona ataupun daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari estafet tersebut.

Pada lari estafet ini terdapat 2 macam teknik menerima dan memberikan tongkat, yaitu memberikan atau menerima tongkat dengan cara visual ( melihat ) dan memberikan atau menerima tongkat dengan cara non visual (tidak dengan melihat). Lari estafet dengan cara melihat (visual) Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari sambil menolehkan kepala untuk melihat tongkat yang diberikan oleh pelari sebelum dia kepadanya. Sedangkan lari estafet dengan cara tidak melihat (non visual) Pelari yang menerima tongkat berlari sambil mengulurkan tangan kebelakang, selanjutnya pelari sebelumnya menaruh tongkat ke tangan si pelari setelahnya, begitu juga halnya dengan pelari selanjutnya. Nah, cukup sekian dulu ringkasan tentang Lari Estafet Termasuk Jari Jarak Pendek  yang dapat penulis uraikan. semoga bermanfaat.

Share To: