Cara Bermain Sepak Takraw - Pada postingan kali ini penulis akan menguraikan sedikit tentang Cara Bermain Sepak Takraw kepada para pembaca sekalian. Nah, permainan sepak takraw adalah suatu permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan (takraw) dan dimainkan di atas lapangan yang datar yang berukuran panjang 13,40 m dan lebarnya 6,10 m. 

Kemudian di tengah-tengahnya dibatasi oleh jaring/net yang dibentangkan seperti permainan Bulutangkis. Pemainan sepak takraw ini terdiri dari dua tim yang saling berhadapan satu sama lain, tiap - tiap terdiri dari 3 (tiga) orang pemain. Permainan sepak takraw ini menggunakan kaki dan semua anggota badan kecuali tangan. Tujuan dari permainan ini adalah mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga bisa jatuh di lapangan lawan ataupun menyebabkan lawan membuat pelanggaran dengan cara bermain salah. 

Uraian pengertian permainan sepak takraw tersebut di atas adalah Sepak Takraw untuk kompetisi. Sepak takraw untuk kompetisi ini dipertandingkan dalam 3 nomor, yakni : Tim, Regu dan Double-event. Pada tahun 2002 dikembangkan nomor Sepak Takraw baru yang disebut dengan Sepak Takraw Lingkaran (Circle-Game), merupakan permainan sepak takraw yang dimainkan di lapangan yang berbentuk lingkaran, masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain, tim tersebut memainkan bola dengan cara mengoper ke teman mainnya secara berhadapan dengan nomor yang saling berurutan, dengan operan sesuai tingkat kesulitannya (tingkat kesulitan tinggi nilainya 3, dan tingkat kesulitran rendah nilainya adalah 1). 

Permainan sepak takraw ini di batasi oleh waktu permainan selama 10 menit untuk masing-masing babaknya. Tim yang memenangkan perlombaan adalah regu yang paling banyak mengumpulkan nilai selama waktu 10 menit lamanya tersebut. Kemudian pada tahun 2006 Sepak Takraw Lingkaran digantikan dengan nomor baru yaitu : Hoop-Takraw, bentuk permainan nomor ini hampir sama dengan sepak takraw Lingkaran (circle-game), akan tetapi pemain yang 5 orang tersebut harus memasukkan bola ke atas “Ring berdiameter 1 meter (bulatan besi) yang dipasang dengan tali setinggi 4,50 meter untuk putri dan untuk putra 4,75 meter di tengah bulatan pemain. Pemain sepak takraw dalam bentuk permainan ini berusaha memasukkan bola ke ring sebanyak-banyaknya dengan pukulan yang telah ditentukan dalam waktu 30 menit lamanya. 

Nah, itulah uraian singkat tentang Cara Bermain Sepak Takraw yang dapat penulis bagikan pada kesempatan ini. Untuk lebih mengetahui seluk beluk permainan sepak takraw dimulai dari sejarah permainan maupun teknik - teknik dasar permainan kedepan penulis akan mempostingnya. Oleh karena itu tetaplah selalu berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan informasi yang update lainnya. Semoga  Bermanfaat!!
Share To: