Rutinitas sehari-hari mulai membuat Anda mudah kecapen, dan pola makan kurang teratur, ataupun mungkin terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau kaya lemak yang pada akhirnya membuat badan Anda kurang fit bahkan cenderung kurang ideal? Ini berarti, Anda kurang olahraga. Mengapa tidak mencoba
olahraga yang relative lebih mudah, yang bisa disesuaikan jadwalnya dengan rutinitas Anda, serta lebih banyak dilakukan di club indoor seperti fitness? Sekarang, fitness sedang banyak digandrungi, selain memiliki efek yang baik bagi kesehatan Anda, ternyata fitness itu juga mampu menjaga penampilan dengan pembentukan tubuh yang lebih ideal. Dengan melakukan Latihan otot, Maupun pengencangan perut, serta paha sampai pinggang, hal ini menjadikan olahraga yang satu ini, menjadi primadona di era modern ini. Nah, Bagi Anda yang ingin memulai menekuni olahraga ini, mungkin tips berikut bisa membantu;

Komitmen

Masalah yang sering kali dihadapi beginner (pemula) adalah belum adanya komitmen dalam diri untuk terus rajin berlatih. Terkadang rasa malas lebih banyak mempengaruhi Anda. Pergi ke pusat kebugaran saja, merasa sudah kurang semangat, atau bahkan malu. Nah, jika ini masalah Anda, mungkin bisa disiasati dengan memilih jadwal latihan selepas pulang kantor misalnya, dan jangan biarkan tubuh Anda menikmati empuknya sofa dirumah terlebih dahulu, hal ini yang akan membuat Anda malas. 

Mulai dengan ringan

Satu yang tidak boleh dilewatkan saat memulai aktifitas olahraga yaitu melakukan pemanasan. Hal ini penting untuk mengurangi resiko terjadinya cidera. Hal itu pula yang harus Anda lakukan saat memulai latihan fitness. Tetapi, melakukan pemanasan hendaklah se-rilex mungkin, janganlah memaksakan diri Anda, lakukanlah pemanasan sekitar 10 menit dengan alat  elliptical ataupun berjalan pelan pada treadmill ±10-15 menit.

Relax Time

Anda mungkin bosan dengan latihan yang terlalu ketat juga berat, namun tidak ada salahnya Anda melakukan latihan sambil mendengarkan musik, dengan sedikit ngobrol bersama teman atau bahkan melihat televisi yang mungkin dipasang di ruang kebugaran. Hal - hal selingan dalam latihan boleh saja dilakukan, asalkan tetap focus pada hitungan Anda dan ingat tetap melakukan gerakan dengan tertib dan benar.  

Resume Latihan

Setelah melakukan latihan, baiknya Anda catat latihan apa yang dilakukan pada sesi latihan hari itu, misalkan alat apa yang dipakai, berapakah beban yang digunakan, berapakah set hitungan bisa dilakukan, serta bagaimana efeknya pada tubuh Anda  juga mengenai kesulitan-kesulitan yang terjadi selama latihan. Dengan catatan ini sebagai monitoring untuk mengetahui sejauh mana perkembangan latihan yang Anda lakukan. Apabila dirasa siap, Anda bisa merencanakan untuk meningkatkan beban latihan pada sesi selanjutnya. 

Konsumsi Sehat

Dan yang perlu diingat, dari rangkaian latihan Anda adalah konsumsilah makanan yang sehat. Dikarenakan apabila tubuh Anda cukup diolah dari luar, tidak akan ada manfaatnya bila dari dalam tubuh tidak dijaga juga, ini artinya Anda tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh Anda. Yang harus Anda lalukan pertama kali adalah mengkonsumsi cukup air. Air bisa membantu Anda menjaga daya tahan tubuh dan memberikan lebih banyak energi, membantu metabolisme lemak, dan menjaga kestabilan denyut jantung, serta mengganti cairan yang hilang ketika melakukan latihan. Nah, itulah Metode Melakukan Latihan Fitness Bagi Pemula yang dapat penulis uraikan.
Share To: