Atletik Lompat Jangkit  

Atletik Lompat Jangkit - Pengertian lompat jangkit adalah lompat yang menggunakan lompatan tiga kali yaitu jingkat (hop), langkah (step), lompat (jump) atau jingkat – lompat – lompat. Pengertian lompat jangkit seperti ini karena Lompat jangkit atau sering disebut juga lompat tiga, hal ini karena lompat jangkit terdiri dari tiga lompatan jangkit, langkah dan lompat. Ada tiga tipe dalam lompat jangkit, yaitu pelompat datar, terjal, dan pelompat alamiah, ciri-cirinya antara lain :
  •     Ciri-ciri pelompat datar
        loncatan pertama datar dengan tidak terlalu mengerahkan tenaga..
        pelompat tidak banyak kehilangan horizontal
        pada setiap tolakan, lengan kiri dan kanan mengayun kearah yang berlawanan.
  •     Ciri-ciri pelompat terjal
        sudut tolak pada tolakan pertama sekitar 150
        pada tolakan untuk langkah, lengan kiri dan kanan mengayun kearah yang sama
        badan bagian atas sedikit membungkuk ke depan
  •     Ciri-ciri pelompat alamiah
        urutan jingkat, langkah, dan lompat yang semakin tinggi yaitu datar, tinggi, dan seterusnya lebih tinggi. Gerakan lompatan ini agak mirip pelompat datar.

Tipe lompatan mana yang akan dipilih dari ketiga tipe lompatan tersebut tergantung pada tipe mana yang lebih baik, kecepatan atau tenaga pelompat, namun bagi pemula sebaiknya menggunakan tipe lompat datar. pengertian lompat jangkit diatas hanya sebagian kecil yang dapat dijelaskan, tetapi poin-poin diatas sudah mewakili dari pengertian lompat jangkit itu sendiri.

Selain itu power atau stamina dalam lompat jangkit lebih banyak diperlukan daripada dalam lompat jauh. Hal ini karena dalam lompat jauh pelompat hanya melakukan satu kali tolakan untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya, sedangkan dalam lompat jangkit pelompat melakukan tiga kali tolakan untuk memperoleh jarak yang sejauh-jauhnya. sehingga dengan demikian dalam lompat jangkit pelompat harus mempunyai stamina dan power yang lebih banyak agar pelompat mampu melakukan tiga kali tolakan secara berturut-turut dengan maksimal. Nah, itulah uraian singkat tentang 
Atletik Lompat Jangkit yang dapat penulis uraikan.
Share To: